Merancang rumah minimalis

rumah minimalis modern Karia Design – Tidak sama dengan desain klasik, yang populer pada tahun tahun yang lalu, Desain Minimalis mempunyai penampakan yang lebih lambut, lebih relax, lebih private dan ringan. Desain ini dapat menjadi pilihan untuk sebuah kehidupan yang serba dinamis sampai bahkan jika ada anak anak di dalam rumah.

Memang, gaya hidup yang rapi dan teratur di perlukan untuk menjaga ruangan agar tidak keliatan berantakan dan ini berlaku untuk segala jenis desain, tetapi dengan desain minimalis, apabila ada anak anak atau anggota keluarga yang “sedikit kurang disiplin” dalam menjaga kerapian rumah pun, tidak akan begitu manjadi masalah, karena mudahnya pembersihan dan perapian ruangan.

Saya sendiri menyukai skema desain ini, apalagi dengan hadirnya anak-anak di dalam rumah, dengan desain interior kontenporer yang saya miliki sebelumnya, akan sangat sulit menjaga barang barang berada pada tempatnya. Merapikan rumah sering menjadi sebuah pekerjaan yang tiada akhir.
Berikut adalah beberapa tips yang kami rangkum untuk mewujudkan desain interior minimalis di rumah anda.

Tembok dan Cat
rumah minimalis modern2Warna putih pada tembok, tentu saja menjadi “pilihan dasar” untuk mulai meminimalis rumah anda.

Tetapi, anda juga punya banyak pilihan warna warna alam lembut lainnya, cobalah memadukannya dengan warna batu alam, kelabu, coklat, bahkan hijau. Tetapi cobalah untuk memilih warna dasar anda yang menjurus ke warna warna lembut tetapi menyegarkan dan padukan dengan ornament warna yang lebih berani untuk menampakkan aksennya.

Aksen ini bisa merupakan sentuhan kecil, sebuah pengenalan warna; sebuah vas dengan warna berani, atau bantalan di sofa, atau apabila menghendaki sebuah atmosfer yang lebih “ceria” pengecatan pada satu dinding penuh, di padukan dengan sofa warna sama akan menjadi pilihan.

Cobalah untuk hanya memilih satu warna untuk aksen-aksen tersebut, atau grup warna yang sejenis. Merah terang atau warna warna terang lain bisa menjadi pilihan. Untuk pilihan yang lebih kalem, warna warna gelap dan natural juga dapat menjadi sebuah alternative. Hijau tua, coklat, hitam dapat juga anda pakai sebahai aksen.

Meubel / Furniture
interior rumah minimalisPilih meubel yang simple dan sedikit “nyentrik” untuk desain interior anda.
Meubel sederhana dengan sentuhan modern akan sangat cocok untuk ruangan minimalis anda. Padukan dengan sentuhan aksen kayu (bertekstur hitam maupun coklat), jog / sofa kulit warna gelap, crome, kaca dan bahan bahan stainless steel.

Jangan takut untuk bermain dengan meubel murah di antara ruangan minimalis anda, karena dengan pilihan warna dan desain meubel yang cocok, feel dari meubel tersebut akan secara otomatis terangkat oleh atmosfir ruangan minimalis anda.

Lantai, Jendela dan Ventilasi
“Yang sedikit” itu “lebih” dalam gaya minimalis. Anda dapat memilih lantai kayu polos untuk memberikan kesan simple, dan padukan dengan karpet tabal untuk memberikan aksen “kaya”.

Padukan dengan pemilihan bentuk jendela yang sederhana pula, Jendela tinggi, dengan aksen daun jendela yang tipis dengan komposisi kaca lebar akan memberikan aksen minimalis. Padukan dengan gorden blind fold, atau tirai sederhana berwarna putih, cream, susu atau coklat muda akan memberikan sentuhan yang lembut.

Aksesoris
interior rumah minimalis 2Pada dasarnya, aksesoris bukanlah sebuah keharusan dalam desain minimalis, tetapi tentunya juga akan terasa hampa apabila rak dan buffet kelihatan kosong. Pilih aksesoris dan hiasan rumah lama anda dengan hati hati untuk mengisinya. Tempatkan dengan proporsi yang seimbang untuk membuat rumah minimalis anda menjadi kediaman minimalis.

Menggantung sebuah lukisan atau foto yang besar akan memberikan kesan lebih elegan dari pada beberapa lukisan kecil, pilih sesuatu yang benar benar anda suka untuk memberikan kesan kerasan di dalam ruangan, dan jangan lupa untuk mengganti bingkainya sesuai dengan paduan warna ruangan anda tersebut.

Lukisan yang anda gantung tersebut, mungkin dapat memberikan inspirasi untuk pemilihan aksesoris lain, seperti bantalan sofa, vas bunga, lampu pojok, maupun lilin.

Batasi hanya untuk mendisplay beberapa koleksi anda di dalam ruangan minimalis, apabila anda punya harta karun berupa pernak pernik rumah yang lain, anda dapat menyimpanya untuk sementara waktu dan bergantian dalam pendisplayannya di ruangan anda, hal ini tentunya akan membawa kesegaran tersendiri dalam dinamika ruangan minimalis anda.

Membuat dan meminimalisasi sebuah ruangan mungkin akan memerlukan sedikit biaya, apalagi harus merelakan untuk menyimpan sebagian dari koleksi pernak pernik anda. Tetapi hasilnya sangatlah sebanding. Sebuah ruangan yang ringan, bersih dan rapi, dengan sirkulasi udara yang lancer dan nyaman adalah sebuah ruangan yang kita inginkan untuk bersantai sejenak setelah mengalami hari yang melelahkan di kantor atau di dalam pekerjaan…

Selamat mendekorasi ruagan minimalis anda.

Salam Hangat

Karia Design

Comments for this post are closed.